by

Dukung Proyek Strategis, Eddy: Sudah Mulai Dibangun

Melalui Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat (DSDA Jabar), Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendukung, mengamankan dan mensukseskan pembangunan 7 proyek strategis nasional yang ada di wilayah jawa barat dan lima proyek strategis provinsi.

Menurut Asisten Daerah II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (Setda Jabar), Eddy Iskandar Muda Nasution, berdasarkan peraturan presiden (Perpres) nomor 3 tahun 2016, ada 8 bendungan strategis yang berada di wilayah jawa barat.

Diantaranya, lanjut Eddy, terletak di beberapa wilayah strategis jawa barat. “bendungan Ciawi dan Sukamahi di Bogor, bendungan Sadawarna di Subang, Bendungan Kuningan di Kuningan, Bendungan Cipanas di Sumedang, Bendungan Leuwi Keris di Tasikmalaya dan Bendungan Matenggeng di kabupaten Ciamis,” ungkapnya dalam Jabar Punya Informasi (Japri) di halaman Museum Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (4/4-2019).

Lebih lanjut, Eddy mengungkapkan, dari tujuh bendungan tersebut, ada yang sudah dibangun, ada yang baru tahap perencanaan dan ada yang memasuki tahap pembebasan lahan sehingga diperkirakan tujuh bendungan tersebut selesai akhir tahun 2023 mendatang.

Fungsi tujuh bendungan tersebut, lanjut Eddy, ditujukan untuk penyedia air irigasi, air bersih, air minum, industri dan rumah tangga. “Bisa juga menjadi patokan pengendali banjir, membantu ketahanan energy dan juga upaya konservasi sumber daya air,” ungkapnya.

Sedangkan manfaat lainnya, lanjut Eddy, bisa terlayaninya kebutuhan air untuk pertanian, air minum, sarana olah raga dan pariwisata. “Termasuk juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan penyerapan tenaga kerja konstruksi maupun sektor lainnya,” jelasnya.

“Di Jabar ada beberapa sungai besar diantaranya sungai Citarum, Sungai Cimanuk hulunya di Kab Garut dan hilirnya sampai laut jawa di utara; Sungai Cintanduy yang hulunya Tasik sampai Ciamis dan Jateng, Sungai Ciliwung dari Bogor Kebon teh Puncak ke Wilayah DKI. Sungai Citarum, masuk strategis Nasional,” pungkasnya.